Saturday, August 4, 2012

Pasar Persaingan Tidak Sempurna


qwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnm
 

Pasar Persaingan Tidak Sempurna


-        Pasar Persaingan Tidak Sempurna
1.Monopoli
Ciri-Ciri :
-        Hanya terdiri dari 1 produsen / penjual.
-        Tidak butuh strategi dan promosi untuk sukses.
-        Hanya ada satu jenis produk tanpa adanya alternatif pilihan.
-        Sangat sulit untuk masuk ke pasar karena peraturan undang-undang maupun butuh sumber daya yang sulit didapat.
-        Harga dan jumlah kuantitas produk yang ditawarkan dikuasai oleh perusahaan bersekala besar.
-        Tidak ada perusahaan yang dapat membuat barang substitusi yang sempurna.
-         Harga ditentukan oleh perusahaan.
-        Pembeli tidak punya pilihan lain dalam membeli barang.
-        Ada banyak pembeli.
-        Membuat hambatan yang besar bagi pesain yang akan masuk.
-        Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan.


Kelebihan :
-     Keuntungan penjual cukup tinggi.
-     Karena keuntungan tinggi sehingga mendorong menggunakan teknologi yang lebih tinggi.
-     Menghindari produk tiruan & persaingan yg tidak bermanfaat.
-     Perusahaan jarang ada yang bangkrut.
-     Untuk produk yang menguasai hajat hidup orang, biasanya diatur pemerintah.
-     Menguntungkan konsumen karena penjual tidak dapat menentukan harga dengan semaunya.

Kekurangan :
-        Pembeli tidak ada pilihan lain untuk membeli barang.
-        Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan.
-        Terjadi eksploitasi pembeli.
-        Penyalah gunaan kekuatan ekonomi.
-        Tidak adanya persaingan.

Contoh :
-        PT.Freeport di Papua
-        PT.Karakatau Steel
-        Microsoft
-        PLN
-        PDAM
Description: Description: air
2. Oligopoli
Ciri-ciri:
-        Banyak pembeli di pasar.
-        Penjualnya ada beberapa.
-        Biasanya produk yang di jual bersifat homogen.
-        Adanya hambatan bagi perusahaan baru.
-        Adanya saling ketergantungan.
-        Penggunaan iklan yang intensif.
Kelebihan :
-        Karena adanya ketergantungan sehingga setiap perusahaan berpikir lebih keras dalam menentukan strategi dan harga pasaran.
Kekurangan :
-        Karena intensif dalam pengiklanan menyebabkan harga barang mahal (konsumen membayar harga lebih mahal daripasa semestinya).
Contoh :
-        Operator Seluler à Xl, AXIS, Telkomsel, Three
Description: Description: logo_xlDescription: Description: 3-logo-300x3001Description: Description: logo-axisDescription: Description: telkomsel-logo-70552E9308-seeklogo_com

-        Motor à Yamaha, Kawasaki, Jupiter, Honda
  
-        Mobil à Honda, Mercy, Alphard, Toyota, BMW, Mitshubishi
  
-        Rokok à Djarum, Marlboro, LA, Amild
Description: Description: la-light-lagiDescription: Description: FD9J6ACANLSKSHCARD5OGVCA49TOV3CABOLDURCA4AWVBRCARF7RBHCANVOHV7CA3VX1EXCA65Q6Y9CAFC8MJVCAQXDYQICAZHLRW4CAWIR7KDCAX2P291CAWEOUGJCAU2EVO9CA07C5QSCARAY0QFCAOLNMNZ
Description: Description: 93216
Description: Description: Marlboro%20Logo
3. Monopolistik
Ciri-ciri:
-        Produsen banyak produsen.
-        Jenis barang yang dipasarkan beragam.
-        Produsen dapat mempengaruhi harga.
-        Adanya kemudahan produsen lain untuk memasuki pasar.
-        Promosi aktif.
Kebaikan :
-        Adanya inovasi untuk memuaskan konsumen (kualitas, harga, dan pelayanan).
-        Masyarakat mendapatkan pelayanan terbaik.
-        Perusahaan dapat mensosialkan dirinya pada masyarakat.
Keburukan :
-        Persaingan sangat ketat.
-        Besarnya kemungkinan untuk bangkrut.
-        Biaya promosi mahal.
-        Harga produk tinggi.
Contoh :
-        Pasta gigi à Pepsodent, Ciptaden, Sensodyne

-        Shampoo à lifebuoy,  Sunsilk, Pantene, Dove




-        Sabun à lifebuoy, Dove, LUX,  Harmony
   
-        Lampu à Shinyoku, Philips, Osram



-        Handphone à Nokia, Sony Ericsson, Simens, O2, Samsung
    






No comments:

Post a Comment