Thursday, January 31, 2013

11. MENGUSAP WAJAH SETELAH SELESAI SHALAT

Pertanyaan:

Bismillahirohmanirrahim
.Sebenarnya, ap mkna dri mengusap muka stelah mlakukan slam dlm shalat atau stelah brdoa? Ataukah tdk ad makna trtentu yg trkandung dlm hal tsb?

Jawaban:

- Imamas-Son’ani berkata: “Ada ulama yang berkata bahwa hikmahnya adalah karena kedua tangan yang diangkat ketika berdoa itu tidak kosong dari rahmat Allah. Maka wajarlah kalau kedua tangan yang penuh dengan rahmatAllah itu disapukan terlebih dahulu kewajahnya sebelum diturunkan, karena wajah itu dianggap sebagai anggota tubuh manusia yang palingmulia dan paling terhormat”.

- Terkait mengusap wajah Hadits shahih Dari Ibn Sunni Riwayat Anas ra, bahwa Rasul saw bila selesai dari shalat, beliau mengusap wajahnya dengan tangan kanannya, lalu berkata : Asyhadu an Laa ilaahaillallahu Arrahmaanurrahiim, Allahumma Idzhib anniy alhammu walhazn. *(Al Adzkar Imam Nawawi
hal.69)

- Adapun diantara hadits yg dhoif tsb antara lain:
Dari Umar bin al Khattab, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, ketika mengangkat kedua tangannya untuk berdoa, tidaklah menurunkannya kecuali beliau mengusapkannya terlebih dahulu ke mukanya” (HR Tirmidzi no 3386)

Dari Muhammad bin Ka’ab al Qurazhi, Abdullah bercerita kepadaku bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah kalian menutupi tembok. Siapa saja yang melihat buku kawannya tanpa seizinnya maka sebenarnya dia hanyalah memandang api neraka. Berdoalah meminta kepada Allah dengan menggunakan bagian dalam telapak tangan kalian dan janganlah kalian menggunakan bagian luar telapak tangan. Jika kalian selesai berdoa maka usapkanlah tangan kalian ke wajah” (HR Abu Daud no 1485. Tentang hadits ini Abu Daud berkomentar, “Hadits ini memiliki beberapa jalur sanad dari Muhammad bin Kaab. Seluruh jalur sanadnya itu sangat lemah. Jalur sanad yang ini-yaitu hadits di atas- adalah sanad yang paling bagus namun derajatnya adalah lemah”). dan ini memang ada perbedaan pendapat diantara para ulama, wallahu a’lam.


11. MENGUSAP WAJAH SETELAH SELESAI SHALAT

No comments:

Post a Comment