Wednesday, January 30, 2013

9. HUKUM MENIKAH DENGAN JIN

Pertanyaan:
ASSALAMUALAIKUM WR WB
mff sobat kr biar yang kemarin belum ada jwban yg memuaskan,ni mau nambah lagi

biar aneh tolong pencerahannya!
bolehkah orang muslim menikah dengan jin?
apa hukumnya?

Jawaban:

Masalah ini pernah dibahas oleh Imam Syibli Hanafi (769 h) dalam kitabya “Aakamul Marjan” dan Dumairi dalam kitabnya “Hayatul Hayawan al-Kubra”. Pembahasan meliputi permasalahan mungkinkah manusia menikah dengan jin? dan bolehkah bila itu terjadi.

>Kebanyakan ulama mengatakan mungkin dengan dalil firman Allah kepada iblis “berserikatlah dengan mereka (manusia) dalam harta dan anak-anak mereka” (Isra’ : 64). Hadist Rasulullah memperkuat ini “Barang siapa mengumpuli isterinya dengan tanpa membaca basmalah, maka syetan akan ikut andil bersamanya” (Ibnu Jarir dalam Tahdzibul Atsar).

Pendapat yang mengatakan tidak mungkin beralasan karena manusia diciptakan dari bumi, sedangkan jin dari api, kedua unsur ini tidak akan bisa berkumpul. Namun ini ditentang bahwa itu pada mulanya, tapi sekarang unsur tersebut sudah tidak ada lagi pada manusia dan jin.

Alasan kedua, tidak mungkin ada hubungan sex antar kedua mahluk ini, karena bagaimana bisa terjadi sperma manusia mengalami proses pembuahan dalam rahim jin atau sebaliknya. Ini juga ditentang bahwa pernikahan sepasang manusia yang sama sekali tidak mungkin berhubungan seksual juga diperbolehkan.

Hukumnya menurut syariat Islam:
Para ulama berbeda pendapat.
1.Pertama mengatakan tidak boleh dikatakan oleh ulama Hanbali, seperti termaktub dalam fatawa Sirajiyah. Dalilnya firman Allah “Dan Allah telah menjadikan untuk kalian dari diri kalian isteri-isteri” (an-Nahl : 72). Dan ayat “Dan di antara tanda-tanda kebesarannya, Allah menciptakan untuk kamu sekalian dari jenismu isteri-isteri agar kalian bisa tenteram dan dijadikan di antara kalian rasa kasih dan sayang” (ar-Rum:21). Ayat-ayat ini jelas bahwa dalam pernikahan dengan jin tidak menyimpan tujuan di atas dan perbedaan alam menghalangi terwujudnya hubungan pernikahan yang sempurna.

2.Pendapat kedua dari Hasan Basri dan Qatadah mengatakan boleh. Ayat tersebut menurutnya, tidak menyatakan jelas keharaman nikah antara manusia dan jin, toh agama diturunkan untuk kedua mahluk tersebut.

Namun pendapat yang mengatakan boleh tetap mengatakan bahwa pernikahan antara manusia dan jin hukumnya makruh, karena permasalahan yang mungkin timbul akibat pernikahan ini sulit menyelesaikannya secara hukum. Misalnya tercadai gugat cerai atau masalah nafkah, sulit diselesaikan secara hukum. Imam Malik pernah ditanyai : Seorang lelaki dari bangsa jin ingin menikahi perempuan muslimah? Beliau bilang “Saya melihat ini boleh-boleh saja secara agama, tapi saya sangat tidak suka melihat wanita hamil, kemudian ketika ditanyai siapa suamimu, lalu ia bilang “jin”. Lama-lama para pelaku hamil di luar nikah pun akan mengatakan hal yang sama, hingga banyak kerusakan dalam Islam.

3.Madzhab Maliki tetap mengatakan boleh disertai makruh hukumnya lelaki manusia menikah dengan jin perempuan.

Wallahu a’lam bissowab
(Copas dr Pesantren Virtual dan PISS KTB)

 

Jawaban Lain:

Terjadi perbedaan pendapat dikalangan para ulama tentang kemungkiinan terjadinya pernikahan antara manusia dan jin. Pendapat yang tepat adalah bahwa hal itu dimungkinkan berdasarkan firman Allah swt :

وَشَارِكْهُمْ فِي الأَمْوَالِ وَالأَوْلادِ وَعِدْهُمْ

Artinya : “Dan berserikatlah dengan mereka pada harta dan anak-anak.” (QS. Al Isra : 64)

Adapun tentang hukum pernikahan antara manusia dan jin maka tidaklah dibolehkan, sebagaimana hal itu diterangkan Imam Suyuthi didalam kitabnya “al Asybah an Nazhair”.

Di dalam permasalahan-permasalahan tentangnya telah ditanyakan asy Syeikh Jamaluddin al Isnawi kepada hakim dari para hakim Syarofuddin al Bariziy apabila seseorang ingin menikah dengan wanita dari kalangan jin —ketika dimungkinkan— maka apakah hal demikian diperbolehkan atau dilarang. Sesungguhnya Allah SWT berfirman :

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَاجًا

Artinya : “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri.” (QS.Ar Ruum : 21)—Sang Maha Pencipta telah memberikan karunia dengan menjadikan hal itu dari satu jenis yang bisa dipergauli.

Dan jika kita membolehkan hal demikian —ini disebutkan di dalam kitab “Syarh al Wajiz’ milik Ibnu Yunus— maka apakah diharuskan bagi jin wanita itu untuk tetap tinggal di rumah atau tidak? Apakah dia dilarang untuk berbentuk selain bentuk manusia ketika dirinya menyanggupi karena kadang dirinya senang dan kadang tidak dengan hal itu? Apakah dirinya juga tergantung dengan syarat-syarat sah pernikahan seperti walinya atau apakah dirinya harus bersih dari berbagai penghalang (pernikahan) atau tidak? Apakah jika si lelaki melihatnya dalam bentuk selain bentuk biasanya dan si wanita jin itu mengaku bahwa ini adalah dirinya, maka apakah pengakuannya itu bisa dijadikan sandaran, lalu dibolehhkan baginya menggaulinya atau tidak? Apakah si lelaki juga dibebankan untuk memberikan apa-apa yang menjadi kebiasaan mereka (kaum jin), seperti : tulang dan selainnya jika dirinya mampu ataukah ia tidak dibebankan?

Lalu beliau menjawab : “Tidak diperbolehkan menikah dengan wanita dari kalangan jin berdasarkan pemahaman dari dua ayat yang mulia didalam surat an Nahl :

وَاللّهُ جَعَلَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَاجًا

Artinya : “Allah menjadikan bagi kamu isteri-isteri dari jenis kamu sendiri” (QS. An Nahl : 72)

Dan didalam surat ar Ruum :

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَاجًا

Artinya : “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri.” (QS. Ar-Ruum : 21)

Terhadap kedua ayat tersebut, para mufasir mengatakan bahwa makna dari “Allah menjadikan bagi kamu isteri-isteri dari jenis kamu sendiri” adalah dari jenis, macam atau seperti fisik kalian, sebagaimana firman Allah SWT :

لَقَدْ جَاءكُمْ رَسُولٌ مِّنْ أَنفُسِكُمْ

Artinya : “Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari jenismu sendiiri.” (QS. At Taubah : 128) —yaitu dari kalangan manusia, karena wanita-wanita yang dihalalkan untuk dinikahi adalah anak-anak perempuan dari saudara-saudara perempuan bapak dan anak-anak perempuan dari saudara-saudara perempuan ibu. Termasuk dalam hal ini adalah wanita-wanita jauh sebagaimana yang difahami dari ayat di surat al Ahzab :

Artinya : “Dan anak-anak perempuan dari saudara laki-laki bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara perempuan bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara laki-laki ibumu dan anak-anak perempuan dari saudara perempuan ibumu.” (QS. Al Ahzab : 50) dan wanita-wanita selain mereka yang haram (dinikahi)… sebagaimana disebutkan didalam surat an Nisa tentang wanita-wanita yang haram (dinikahi), maka itu semua adalah tentang nasab sementara itu tidaklah ada nasab antara anak-anak Adam dan jin.

Dan inilah jawaban al Barizi. Jika engkau bertanya,”Bagaimana menurutmu tentang hal itu?” Aku mengatakan,”Bahwa yang aku yakini adalah diharamkan berdasarkan beberapa alasan berikut, diantaranya :

Berdasarkan kedua ayat terdahulu.
Apa yang diriwayatkan Harb al Karmani didalam “Masaa’il” nya dari Ahmad dan Ishaq, keduanya mengatakan : Muhammad bin Yahya al Qathi’i telah bercerita kepada kami : Basyar bin Umar telah bercerita kepada kami : Ibnu Luhai’ah telah bercerita kepada kami dari Yunus bin Yazid dari az Zuhriy berkata,”Bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam telah melarang menikahi jin.”. walaupun hadits ini mursal namun dikuatkan oleh berbagai perkataan para ulama. Terdapat riwayat dari al Hasan al Bashri, Qatadah, al Hakam bin ‘Uyainah Ishaq bin Rohuyah dan ‘Uqbah al ‘Asham tentang pelarangan itu. Al Jammal as Sijistani dari kalangan Hanafi didalam kitab “Munyah al Mufti ‘an al Fatwa as Sirajiyah” mengatakan bahwa tidak diperbolehkan pernikahan antara manusia dan jin, dan manusia air karena perbedaan jenis.
Bahwa pernikahan disyariatkan untuk ketenangan, ketentraman, kecintaan dan kasih sayang dan hal ini tidak terdapat pada jin bahkan yang ada pada mereka adalah sebaliknya yaitu permusuhan yang tidak hilang.
Tidak terdapat perizinan dari syariat tentang hal itu. Sesungguhnya Allah swt telah berfirman :

فَانكِحُواْ مَا طَابَ لَكُم مِّنَ النِّسَاء

Artinya : “Maka kawinilah wanita-wanita (an nisa) yang kamu senangi.” (QS. An Nisa : 3) An Nisaa adalah nama khusus untuk wanita-wanita dari kalangan Bani Adam sehingga selain mereka adalah haram. Karena asal dari persetubuhan adalah haram hingga terdapat dalil yang menghalalkannya.

Dan seorang yang merdeka dilarang menikahi budak wanita jika akan menghasilkan kemudharatan pada anak karena perbudakan… Maka apabila pernikahan dengan budak wanita adalah dilarang padahal dari jenis yang sama meskipun dari macam yang berbeda maka pernikahan dengan yang tidak sejenis tentunya lebih utama lagi. (al Asbah an Nazha’ir hal 457–459)

Wallahu A’lam.

 

Jawaban Lain:

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, wa ba’du

Allah berfirman di surat Ar-Rahman:

لَمْ يَطْمِثْهُنَّ إِنْسٌ قَبْلَهُمْ وَلا جَانٌّ

“Para bidadari itu belum pernah tersentuh oleh manusia dan jin sebelumnya.” (QS. Ar-Rahman: 56)

Ayat ini menunjukkan bahwa jin juga menikah sebagaimana manusia menikah. Jin memiliki ketertarikan terhadap lawan jenis, sebagaimana manusia juga memiliki hal yang sama.

Para ulama telah membahas, apakah mungkin terjadi pernikahan antara jin dan manusia?

As-Suyuthi rahimahullah dalam Laqathul Mirjan Hal. 53 menyebutkan beberapa riwayat dari ulama masa silam, bahwa di zaman mereka pernah terjadi pernikahan antara jin dan manusia, dan bahkan menghasilkan keturunan.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah juga pernah menceritakan:

وقد يتناكح الإنس والجن ويولد بينهما ولد، وهذا كثير معروف

“Dan pernah terjadi pernikahan antara manusia dan jin, bahkan terlahir keturunan. Dan ini banyak terjadi, satu hal yang ma’ruf.” (Majmu’ al-Fatawa, 19:39).

Akan tetapi, andaikan itu benar-benar pernah terjadi, sejatinya para ulama membencinya dan tidak menganjurkannya. Imam Malik rahimahullah pernah mengatakan,

لا يوجد دليل ينهى عن مناكحة الجن غير أني لا أستحبه، لأني أكره إذا وجدت امرأة حامل فقيل: من زوجك؟ قالت: من الجن، فيكثر الفساد

“Tidak terdapat dalil yang melarang menikah dengan jin. Hanya saja, aku tidak menyukainya. Karena saya membenci ketika ada wanita hamil, kemudian ketika ditanya, siapa suamimu? Dia akan menjawab: ‘Dari jin’. Sehingga akan terjadi banyak kerusakan.” (Akaam al-Mirjan, Hal. 67).

Ada juga sebagian ulama mengatakan bahwa pernikahan itu haram, dilarang.

Karena pernikahan beda jenis makhluk, bertentangan dengan ketentuan Allah, sebagaimana dalam firman-Nya,

وَاللَّهُ جَعَلَ لَكُمْ مِنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَاجًا

“Allah telah menjadikan pasangan untuk kalian dari jenis kalian.” (QS. An-Nahl: 72).

Di ayat yang lain, Allah berfirman,

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang…” (QS. Ar-Rum: 21)

Di samping itu, andaikan terjadi pernikahan antara jin dan manusia, maka akan sulit untuk mewujudkan rasa cinta antar-mereka, untuk bersatu mewujudkan rumah tangga yang bahagia, karena beda jenis makhluk. Terlebih manusia tidak bisa melihat jin, sehingga hikmah adanya pernikahan seperti yang disebutkan dalam ayat, berupa menciptakan ketenangan, rasa kasih, dan sayang akan sulit bisa terwujud.

Hal yang terpenting, tidak selayaknya ada manusia yang berharap untuk menikah dengan jin, atau memiliki pasangan dari golongan jin. seindah-indahnya jin, manusia lebih indah. Sebagaimana yang Allah tegaskan di surat At-Tin:

لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ

“Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” (QS. At-Tin: 4)

Allahu a’lam

Referensi: Alam al-Jin wa As-Syayathin, Dr. Umar Sulaiman Al-Asyqar, Dar an-Nafais, Hal. 28 – 29.

http://www.facebook.com/groups/kalamrisalah/permalink/439056089499365/?comment_id=439067572831550&offset=0&total_comments=18


9. HUKUM MENIKAH DENGAN JIN

14 comments:

  1. Ella – bekasi

    ( meyakini pesugihan nikah jin )
    Sy awam dng hal ghoib, tpi sy pny niat & yakin, sy plajari websitenya, menghubungi, siap daftar dan menuju lokasi, ckp 1mlm sy jalani prosesnya, alhasil khdupan sy berubah total, tks banyak kepada website : www.klenik555.com

    ReplyDelete
  2. JNG PERCAYA DNG GELAR ABAL2 KYAI / USTAD / KI / ABAH / Hj / DLL KL RITUAL NYA TDK MAU DI DTNGI KE RMH NYA !!! JNG PERCAYA KESAKSIAN PALSU YG DI BIKIN SENDIRI OLEH BEGUNDAL2 PENIPU !! CERDASLAH ANDA MEMILIH MANA YG PENIPU & MANA YG BKN !!! kami menawarkan pesugihan tnp ada rekayasa, sdh banyak yg berhasil..DI JAMIN !!! RITUAL wajib dtng ke rmh sy !! ktmu sy langsug jd kl sy menipu silahkan anda tangkap di rmh sy !! anda kami pertemukan langsung dng gaib nya !! silahkan anda buktikan,.info detail : www.nocturnal666.com

    ReplyDelete
  3. MENIKAHI JIN KAYA RAYA (tnp tumbal tidak modus )

    jenis pesugihan ini tidak ada resiko tumbal nyawa / diri sebagai sang pelakunya , Memiliki wnt / pria dari bangsa jin bukan sesuatu yg sulit atau mustahil , pesugihan nikah jin yg kami sampaikan benar2 tnp tumbal , aman untuk si pelakunya, harta / uang secara langsung dpt anda terima dari bangsa jin tsb.

    Kesenangan & kenikmatan dpt anda peroleh secara langsung dng jin2 yg diperuntukkan untuk diri anda, tdk ada pantangan hari untuk ritualnya, dari golongan atau agama apapun bisa melakukan nikah / kawin dengan jin tsb! Jin dapat diperintahkan dlm keinginan anda, apapun itu bentuknya

    KHUSUS UNTUK ANDA :
    * Siap Mental Lahir & Batin
    * Siap dalam menjalankan perjalanan proses ritualnya
    * Ikhlas dalam Membayar/ menyediakan Sesaji dan keperluan Ritual
    * Nekad dan Tanpa Basa basi,serta Serius & tidak Boleh Coba-Coba/ Main-main ( disini tempat orang memutuskan ritual terakhir )

    INFO DETAIL DAPAT DIBUKA WEBSITE KAMI MENGENAI SYARAT, JENIS RITUAL DAN PROSEDURNYA : http://klenik555.com/

    ReplyDelete
  4. berarti itu meminta selain sama Allah.dan bukannya pesugihan itu dilarang ya.

    ReplyDelete
  5. BAGI ANDA PENCARI PESUGIHAN COBA ANDA TANYAKAN KPD ORANG2 YG MENGAKU DUKUN / KUNCEN..APAKAH BISA ANDA DATANGI LANGSUNG KE RMH NYA TUK RITUAL??? JIKA JWBANNYA TDK BISA & BERBELIT2 ALASAN YAKINLAH BAHWA ITU DUKUN / KUNCEN TIPU2 !!! PAKAI AKAL LOGIKA SAJA KL RITUAL BISA DILAKUKAN JARAK JAUH, TIGAL DUDUK MANIS DI RMH LALU UANG DATANG DNG SENDIRI NYA, TENTU SEMUA ORANG INDONESIA TDK ADA YG MISKIN..JNG PERCAYA DNG GELAR SPT KYAI / KI / HJ / USTAD / MBAH / EYANG,DLL..ORANG SDH TDK TAKUT LAGI PAKAI EMBEL2 AGAMA TUK MENIPU

    RITUAL DI TMP KAMI ANDA WAJIB DATANG LANGSUNG KE RMH, INGAT KE RMH KITA BKN KETEMUAN DI KUBURAN / DI GUNUNG / BKN DI RMH KONTRAKAN SEMENTARA..JD KL KITA MENIPU, ANDA BISA DNG GAMPANG MENCARI KAMI, INFO DETAIL SILAHKAN PELAJARI www.nocturnal666.com

    DI ATAS SY BANYAK DONGENG2 KESAKSIAN PALSU !! PIKIR SAJA PAKAI AKAL LOGIKA, KL ORANG SDH SUKSES & KAYA RAYA NGAPAIN AMAT NYEBAR2 KESAKSIAN..

    MASUK AKAL KAH ???? NAH...CERDASLAH ANDA BERPIKIR, SAYANGI UANG ANDA YG TDK SEDIKIT YG ANDA CARI DNG SUSAH PAYAH

    ReplyDelete
  6. HATI2 PENIPU RONGO KUSUMO 082349356043 SDH MSK Daftar Pencarian Orang DR KEPOLISIAN,.MENGAKU SEBAGAI KUNCEN / PARANORMAL, BERIKUT ADALAH NAMA2 SAMARAN BAJINGAN INI,.

    RONGGO KUSUMO ALIAS IRWANDI NUGRAHA 082349356043
    KYAI SOLEH PATI DI TLP 0852-2589-0869
    KYAI MARJOKO.085827884171
    JONGGOL 085216548879
    KI JAMBRONG 085317121219
    MBAH RORO 082187830969
    KH.MUSTAMID ABBAS DI 082311002203
    PAK HAJI RORO 082393117730
    AKI NAWE 085218379259
    KI KANJENG 085290905579
    KI PRANA 082393011727
    EYANG GURU KERAMAT 082394427157
    KI AGENK BONDOWOSO 082348727567
    MBAH PURO 085342734904
    aki sunan 085242421477
    KI KANJENG DEMANG 081234666039
    K.H. SANJAYA 085328880180
    abah guntur pamungkas 085222366193
    AKY SANTORO 082312949955
    Kanjeng Taat Pribadi 085299036030

    ADALAH 1 ORANG DNG BANYAK NAMA & BANYAK NMR HP & BANYAK BLOGSPOT NYA,.CIRI NYA ADALAH MENYEBAR KESAKSIAN PALSU YG MIRIP DIMANA2 SECARA BERSAMAAN DAN MEMAKAI GELAR TIPU2 AKI / KYAI / KI / HAJI / MBAH / USTAD / DLL, RONGGO KUSUMO MUNCUL PASTI SALAH 1 NAMA DI ATAS JUGA MUNCUL !!! SANGAT TERBACA AKSI TIPU2 NYA !!

    MOTIVASI KAMI MENYEBAR PENGUMUMAN INI AGAR SAUDARA2 SEMUA TDK TERPERANGKAP OLEH JEBAKAN2 PENIPU INI !!! KAMI SANGAT PRIHATIN ANDA SDH SUSAH MAKIN DI BUAT SUSAH OLEH BAJINGAN INI,.AYO KITA BERANTAS PENIPU INI..

    JIKA ANDA INGINTAU KESAKSIAN KORBAN2 NYA RONGGO KUSUMO SILAHKAN BUKA http://daftarkuncentiputipu.blogspot.co.id/

    KAMI AKN TRS KEJAR DAN UPDATE NAMA SAMARAN INI BAJINGAN !!

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    ReplyDelete
  8. NIKAH JIN RATU KHAYANGAN PENGUASA ALAM GAIB, BERGARANSI !!!

    Kami menawarkan solusi keuangan kpd anda dengan cara yang aman tidak pakai tumbal hewan apalagi manusia, kami nikahkan anda (laki2 / perempuan) dengan jin dari golongan yang baik, jin tersebut selain memberikan uang cash secara terus menerus kpd anda bisa juga anda mintai pertolongan dalam bentuk lain spt mengobati orang sakit / memajukan dagangan anda / menjaga anda dari serangan ilmu hitam lainnya, dll..ritual di tempat kami anda akan kami pertemukan langsung dan berbicara langsung dengan jin tsb jadi bukan lwt mimpi / dengan memasukkan jin tsb ke raga orang lain / anda Cuma bisa mendengar suaranya saja,.jin tersebut nantinya bisa anda sentuh / ajak komunikasi / bahkan wajib anda setubuhi, BEBAS AGAMA, SUKU & RAS..TUK MENGHINDARI PENIPUAN SILAHKAN DATANG LANGSUNG KE TMP KAMI !! info detail http://nocturnal666.com/nikah-jin

    ReplyDelete
  9. NIKAH JIN RATU KHAYANGAN PENGUASA ALAM GAIB, BERGARANSI !!!

    Kami menawarkan solusi keuangan kpd anda dengan cara yang aman tidak pakai tumbal hewan apalagi manusia, kami nikahkan anda (laki2 / perempuan) dengan jin dari golongan yang baik, jin tersebut selain memberikan uang cash secara terus menerus kpd anda bisa juga anda mintai pertolongan dalam bentuk lain spt mengobati orang sakit / memajukan dagangan anda / menjaga anda dari serangan ilmu hitam lainnya, dll..ritual di tempat kami anda akan kami pertemukan langsung dan berbicara langsung dengan jin tsb jadi bukan lwt mimpi / dengan memasukkan jin tsb ke raga orang lain / anda Cuma bisa mendengar suaranya saja,.jin tersebut nantinya bisa anda sentuh / ajak komunikasi / bahkan wajib anda setubuhi, BEBAS AGAMA, SUKU & RAS..TUK MENGHINDARI PENIPUAN SILAHKAN DATANG LANGSUNG KE TMP KAMI !! info detail http://nocturnal666.com/nikah-jin

    HATI2 JNG TERTIPU OLEH KESAKSIAN PALSU YG DI SEBAR PARA PENIPU !! JNG TERPEDAYA OLEH GELAR PALSU KYAI / KI / MBAH / KANJENG / H / Hj / USTADZ / DLL,.KL RITUAL TDK BISA DI DATANGI LANGSUNG MAKA JELAS2 ITU PENIPUAN !!!

    ReplyDelete
  10. Ass Wr Wb..kami menawarkan jalan pesugihan yg benar2 sesuai harapan anda, alhamdulilah tempat kami menjadi tempat ritual terakhir bagi saudara2 yg sdh banyak di tipu oleh paranormal palsu, untuk menjaga rasa saling percaya, kami mewajibkan anda ritual datang langsung - JATENG, bagi kami pesugihan hanya sarana untuk kita bisa saling bersilaturahmi & mencari persaudaraan, Pesugihan yg kami tawarkan adalah : PERNIKAHAN DNG RATU - RAJA JIN DARI GOLONGAN BAIK / JUAL MUSUH / JUAL UMUR / JUAL ANAK / JUAL KELUARGA / TUYUL / TUYUL SEDULUR PAPAT LIMO PANCER / UANG METENG / PELET DEWA NOGO SEMAR / SUSUK KANJENG NYAI RORO KIDUL & AZIMAT2 BERTUAH, hanya kami yg berani memberikan garansi penuh !! untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi blog kami di http://pesugihankliwon.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  11. Aslamalikum warahmatullahi wabarakatu

    ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya pak Gunawan saya berasal dari kota yogyakarta saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hamper kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai sebuah kendaraan roda empat atau sebuah mobil pribadi sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang aki dari sana saya coba menghubungi aki awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk membayar hutang lewat sebuah jalan pesugihan putih lewat bantuan seseorang dari gunung kidul dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan aki romo dukun super natural dari gunung kidul membantu saya lewat dana gaib langsung masuk rekening saya 1 milyar

    Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada ki romo atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini dan sya sudah punya kendaraan beroda 4 yaitu hrv

    Dan jika anda ingin bantuan seorang dukun super natural untuk mendapatkan dana gaib yang di jamin sukses silahkan anda hubungi ki romo di nomor telepon 085-218-653-567 terimah kasih atas bantuannya

    ReplyDelete
  12. Mau kaya itu butuh proses bukan instant

    ReplyDelete
  13. www.kuncenghaib.com 10000% penipu jual musuh, nikah jin, tuyul, uang balik

    Saya baru saja tertipu oleh www.kuncenghaib.com bilang nya bisa menikahkan dng jin pas ritual kok yang ada Cuma minyak sama dupa saja, padahal saya membayar 10 juta, terus saya sudah ritual juga di rumah 2 minggu dari jam 12 malam s/d jam 3 pagi tapi tidak ada hasil nya, tidak ketemu2 jin nya

    tertipu oleh www.kuncenghaib.com nikah jin, jual musuh, tuyul, uang balik

    Terus pas saya minta bantu di ganti saja pakai tuyul qharin pas dikirim paketnya Cuma isi kendi pecah & kembang2 gak jelas

    Setelah saya pelajari ternyata semua isi web nya hasil copy paste dari web nya abang666, setelah saya bertanya dengan abang666 langsung, di jelaskan bahwa dukun gadungan pemilik www.kuncenghaib.com ternyata pernah ritual di tempat nya abang666 & gagal karena takut saat bertemu gaib nya, pertanyaan nya bagaimana mungkin seseorang yang pernah ikut ritual & takut bertemu gaib tenyata menjelma menjadi seorang dukun???

    sungguh bodoh saya waktu itu sangat mempercayai hasutan dukun gadungan tersebut yang selalu bilang hati2 dengan abang666 yang penipu, ternyata saya baru paham bahwa di sosmed semua hoax yang menjatuhkan / menuduh / membuat cerita2 negatip tentang abang666 adalah Cuma segelintir orang yang menjelma menjadi dukun gadungan, mencari uang dengan cara menipu & dengan segala kelicikannya menjatuhkan nama seseorang agar percaya

    saya Cuma berbagi pengalaman nyata yang sudah di tipu oleh www.kuncenghaib.com agar semua para pencari uang instan tidak tertipu lagi seperti saya, jangan lah kita sudah sengsara malah di tambah kesengsaraan oleh dukun2 palsu, saya tidak ada hubungan nya dengan abang666 & saya menceritakan apa adanya

    ReplyDelete
  14. This blog commenting site really helpful. I’d love to learn more

    thejacketzone

    ReplyDelete