Tuesday, February 12, 2013

46. AKAD NIKAH (IJAB QOBUL MELALUI SURAT)

  • Wes Qie

Assalamu alaikum

pertanyaan titipan

adakah qoul/pendapatnya ulama’ yg mengesahkan ijab qobul di dalam nikah melalui surat ??

Mohon jawaban beserta refrensinya.. Syukron

 

JAWABAN

  • Komfirmasi-Donk OrangyangMungkin’Anda-kenal DanHalaman-yang Yakin’andaSukai

Ma’af hanya Copasan saja

tdk sah menurut mayoritas ulama,salah1nya Imam Taqiyyudin dlm kitabnya Kifayatul Akhyar II/5

(فرع) يُشْتَرَطُ فِى صِحَّةِ عَقْدِ النِّكَاحِ حُضُورُ أَرْبَعَةٍ: وَلِىٍّ وَزَوْجٍ وَشَاهِدَيْ عَدْلٍ

dan disyaratkan dalam keabsahan akad nikah hadirnya empat orang (dlm 1 t4)n wali,calon pengantin dan dua orang saksi yang adil.

 

وَمِمَّاتَرَكَهُ مِنْ شُرُوطِ الشَّاهِدَيْنِ السَّمْعُ وَالبَصَرُ وَالضَبْطُ. (قوله والضبط) أَيْ لألْفَاظِ وَلِىِّ الزَّوْجَةِ وَالزَّوْجِ فَلاَ يَكْفِي سِمَاعُ أَلْفَاظِهِمَا فِي ظُلْمَةٍ لأَنَّ الأصْوَاتِ تَشْبِيْهٌ.

mendengar, melihat dan (dlobith) membenarkan adalah bagian dari syarat diperkenankannya dua orang saksi. (pernyataan penyusun ‘wa al dlobthu) maksudnya lafadz (pengucapan) dari wali pengantin putri dan pengantin pria, maka tidaklah cukup mendengar lafadz (perkataan) mereka berdua dikegelapan, karena suara itu (mengandung) keserupaan).

Tuhfatul Habib ala Syarhil Khatib III/335

 

http://www.piss-ktb.com/?m=1

 

  • Guz Zein

الناطق في حال الغيبة: إذا كان أحد العاقدين غائباً عن مجلس العقد: ينعقد الزواج عند الحنفية بالكتابة أو إرسال رسول، إذا حضر شاهدان عند وصول الكتاب أو الرسول؛ لأن الكتاب من الغائب خطابه، قال الحنفية (2) : «الكتابة من الغائب بمنزلة الخطاب من الحاضر

Guz Zein

itu menurut madhab hanafy. nmn menurut jumhur tdk boleh alias tdk syah : الناطق في حال الحضور: إن كان العاقدان حاضرين معاً في مجلس العقد وكانا قادرين على النطق: فلا يصح بالاتفاق الزواج بينهما بالكتابةأو الإشارة، ولو كانت الكتابة بينة واضحة، والإشارة مفهمة في الدلالة على إنشاء الزواج، للاستغناء عنها بالنطق، ولأن اللفظ هو الأصل في التعبير عن الإرادة، ولا يلجأ إليه إلا عند الضرورة، ولا ضرورة هنا، ولأنه لا يتيسر للشهود سماع كلام العاقدين في حال الكتابة

الفقه الاسلامي وادلته

juz: 7\ 58

  • Guz Zein
  • ibarot yg pertama: akad di kala tdk hdir . apabila slah satunya orng yng berakad (calon penganten laki, dan wali nikah) dari satu majlis akad, maka juga bisa syah akadnya menurut mdzhab hanafi. akad nikah menurut madzhab hanafi, bisa di laksanakan dg tertulis atao mengutus utusan, apabila sdh menyaksikan dua syahid terhadap surat tersebut , maka akad bisa di katakan syah. krn sesungguhnya surat itu adalah khittob ( orng yg bertindak dlm peminangan\ pernikahan) bagi akad yg tdk hadir di antara salah satunya.

     

    Guz Zein

    nmn menurut jumhur ulma` madzhab (maliki , syafi`i dan hanbali ) hal yg demikian itu di tentang alias tdk di syahkan.

     

     

    مثال الكتاب: أن يكتب رجل لخطيبته: تزوجتك أو زوجيني نفسك، فقالت المرأة في مجلس وصول الكتاب: قبلت الزواج، بحضور شاهدين، صح الزواج؛ لأن سماع الشاهدين شطري العقد (الإيجاب والقبول) شرط لصحة الزواج

    al- fiqhul islami wa` adillatuhu, juz: 7 dr halaman 63.

    Link asal

    http://www.facebook.com/groups/382134218524606/permalink/453292854742075/?comment_id=453622774709083&notif_t=like


46. AKAD NIKAH (IJAB QOBUL MELALUI SURAT)

No comments:

Post a Comment