posted by : Tentara Kecil Ku
- Dalil-dalil Al-Qur’an
Tentang sampainya hadiah pahala kepada orang yang
telah meninggal dunia. Terdapat banyak sekali ayat Al-Qur’an yang
menyatakannya, baik ketika mereka masih hidup ataupun setelah meninggal dunia.
Di antaranya adalah :
a.
QS. Muhammad : 19
واستغفر لذنبك
وللمؤمنين والمؤمنات
“Dan mohonlah
ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan
perempuan”.
Ayat
tersebut menerangkan bahwa orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan
mendapatkan manfaat dari istighfar orang mukmin lainnya. Dalam tafsir Al-Khazin
dijelaskan:
فى معنى الاية استغفر
لذنبك اي لذنوب اهل بيتك (وللمؤمنين والمؤمنات) يعني من غير اهل بيتك وهذا اكرام
من الله عز وجل لهذه الامة حيث امر نبيه ص م ان يستغفر لذنوبهم وهو الشفيع المجاب
فيهم
“makna ayat استغفر
لذنبك adalah
mohonlah ampunan bagi dosa-dosa keluargamu dan orang-orang mukmin laki-laki dan
perempuan, artinya selain keluargamu. Ini adalah penghormatan dari Allah Azza
wa Jalla kepada umat Muhammad, di mana Dia memerintahkan Nabi-Nya untuk
memohonkan ampunan bagi dosa-dosa mereka, sedangkan Nabi SAW adalah orang yang
dapat memberikan syafa’at dan do’anya diterima (Tafsir Al-Khazin Juz VI hal
180).
b.
QS Al-Nuh : 28
رب اغفرلي ولوالدي
ولمن دخل بيتي مؤمنا وللمؤمنين والمؤمنات ولاتزد الظالمين الاتبارا
“Ya Tuhanku !
ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman, serta
semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau
tambahkan bagi orang-orang yang dhalim itu selain kebinasaan”
Dalam
ayat tersebut dijelaskan, bahwa Nabi Nuh AS mendo’akan orang-orang mukmin
laki-laki dan perempuan agar dosanya diampuni oleh Allah SWT.
c.
QS Ibrahim : 40-41
رب
اجعلني مقيم الصلاة ومن ذريتي ربنا وتقبل دعاء
ربنا
اغفرلي ولوالدي وللمؤمنين يوم يقوم الحساب
“Ya Tuhanku,
jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan sholat, ya
tuhanku kami, perkenankanlah do’aku (40) Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua
ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (41)”
Dalam menafsirkan
ayat di atas Syekh ‘Alaudin Ali bin Muhammad bin Ibrahim Al-Baghdadi mengatakan
:
وهذا دعاء للمؤمنين
بالمغفرة والله سبحانه وتعالى لايرد دعاء خليله إبراهيم عليه السلام ففيه بشارة
عظيمة لجميع المؤمنين بالمغفرة
“Ini merupakan
do’a memohon ampunan kepada Allah SWT untuk orang-orang mukmin. Sementara Allah
SWT tidak akan menolak do’a kekasih-Nya Ibrahim
AS. Dalam ayat tersebut
terkandung satu kabar gembira yang besar bagi orang-orang mukmin dengan adanya
ampunan dari Allah SWT berkat do’a nabi Ibrahim
AS.” (Tafsir Al-Khazin Juz IV
hal 50).
d.
QS Al-Hasyr : 10
والذين
جاءوا من بعدهم يقولون ربنا اغفرلناولإخواننا الذين سبقونا بالايمان ولاتجعل في
قلوبنا غلا للذين امنوا
ربنا انك رءوف رحيم
“Dan
orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshar) mereka berdo’a,
“Ya Tuhan kami, berilah ampunan kami dan saudara-saudara kami yang telah
beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam
hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau
Maha Penyantun lagi Maha Penyayang”
Ayat tersebut
menjelaskan bahwa orang mati bisa mendapatkan manfa’at dari istighfar yang
dibaca oleh orang yang masih hidup.
e.
QS Al-Thur : 21
والذين
امنوا واتبعتهم ذريتهم بايمان الحقنا بهم ذريتهم وماالتناهم من عملهم من شيئ كل
امرئ بما كسب رهين
“Dan
orang-orang yang beriman serta anak cucu mereka mengikuti merka dalam keimanan,
kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan kami tiada mengurangi
sedikitpun dari pahala amal mereka. Tiap-tiap manusia terikat apa yang
dikerjakannya”
Mengenai ayat ini
Syekh ‘Alaudin Ali bin Muhammad bin Ibrahim Al-Baghdadi memberikan penjelasan :
يعني الحقنا اولادهم
الصغار والكبار بايمانهم فالكبار بايمانهم بانفسهم والصغار بايمان أبائهم فان
الولد الصغير يحكم بإسلامه تبعا لأحد ابويه (الحقنا به ذرياتهم) يعني المؤمنين فى
الجنة بدرجات أبائهم وان لم يبلغوا بأعمالهم درجات أبائهم تكرمة لأبائهم لتقر
اعينهم هذا رواية عن ابن عباس
“Artinya kami
menyamakan anak-anak mereka yang kecil dan yang dewasa dengan keimanan orang
tua mereka yang dewasa dengan keimanan mereka sendiri, sementara yang kecil
dengan keimanan orang tuanya. Keislaman seorang anak yang masih kecil diikutkan
pada salah satu dari kedua orang tuanya. (kami menyamakan kepada mereka
keturunan mereka) artinya menyamakan orang-orang mukmin di surga sesuai dengan
derajat orang tua mereka, meskipun amal-amal mereka tidak sampai pada derajat
amal orang tua mereka. Hal itu sebagai penghormatan kepada orang tua mereka agar
mereka senang. Keterangan ini diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA” (Tafsir
Al-Khazin Juz VI hal 250).
Penjelasan yang
sama dapat dilihat dalam Tafsir Jami’ Al-Bayan karya Ibnu Jarir Al-Thabari Juz
28 Hal 15.
Beberapa
ayat dan penafsiran tersebut menjadi bukti nyata bahwa orang yang beriman tidak
hanya memperoleh pahala dari perbuatannya sendiri. Mereka juga dapat merasakan
manfaat amaliyah orang lain.
- Dalil-dalil Al-Hadits
Kalau
Al-Qur’an sudah menjelaskan bahwa orang mukmin dapat memperoleh manfaat dari
amal orang lain , maka di dalam hadits Nabi SAW juga ada dan cukup banyak. Di
antaranya adalah :
a.
Hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas RA.
عن ابن عباس رضي الله
عنه ان رجلا قال يارسول الله ان امي توفيت افينفعها ان تصدقت عنها ؟ قال نعم. فان
لي مخرفا فاشهدك اني قد تصدقت به عنها
“Dari Ibnu Abbas
RA, ada seorang laki-laki bertanya kepada Nabi SAW, “Wahai Rosulullah, ibu saya
meninggal dunia. Apakah ia akan mendapatkan kemanfaatan jika saya bersedekah
untuknya ?”, Nabi SAW menjawab, “Ya”. Laki-laki tersebut berkata, “Saya
mempunyai kebun, saya mohon kepadamu wahai Rosulullah untuk menjadi saksi saya
bersedekah atas nama ibu saya” (Shahih al-Bukhari, 2563).
Hadits di atas
menerangkan bahwa sedekah yang dikeluarkan oleh seseorang, pahalanya bisa
sampai kepada orang yang telah meninggal dunia. Termasuk dalam kategori sedekah
adalah bacaan tasbih, takbir, tahmid dan tahlil, sebagaimana yang telah
dijelaskan dalam kitab Riyadlus Sholihin.
b.
Hadits Riwayat Ma’qil bin Yasar RA.
عن معقل بن يسار أن
رسول الله ص م قال ويس قلب القرأن لا يقرؤها رجل يريدالله تبارك وتعالى والدار
الاخرة الا غفر له واقرءوها على موتاكم
“Diriwayatkan
dari Ma’qil bin Yasar RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Surat Yasin adalah
intisari Al-Qur’an. Tidaklah seseorang membacanya dengan mengharap rahmat Allah
SWT kecuali Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya. Maka bacalah surat Yasin atas
orang-orang yang telah meninggal di antara kamu sekalian” (Musnad Ahmad bin
Hambal, 19415)
Hadits di atas
secara tegas menganjurkan membaca Al-Qur’an untuk orang yang yang telah
meninggal dunia, karena yang dimaksud mautakum dalam hadits tersebut adalah
orang-orang yang telah diambil ruhnya. Sebagaimana dijelaskan dalam kitab Haula
Khasaish Al-Qur’an.
قال
محب الدين الطبري : المراد الميت الذي فارقته روحه, وحمله على المحتضر قول بلا
دليل
“Syekh
Muhibbuddin Al-Thabari mengatakan bahwa yang dimaksud dengan kata mautakum
dalam hadits tersebut adalah orang yang ruhnya telah terpisah dari jasadnya.
Adapun pendapat yang mengartikan kata mautakum
dengan “orang yang akan meninggal dunia” adalah pendapat yang
tidak berdasar”.(Haula Khasaish Al-Qur’an, 44)
c.
Hadits riwayat sayyidina Ali RA yang diriwayatkan oleh
Abu Muhammad Al-Samarqandi, Al-Rafi’I dan Al-Daraquthni
عن علي رضي الله عنه,
أنه عليه الصلاة والسلام قال : من مر على المقابر وقرأ قل هوالله احد احدى عشرة
مرة ثم وهب اجرهاللأموات اعطي من الأجر بعدد الأموات
“Dari Ali RA
Rasulullah SAW bersabda. “Barang siapa berjalan melewati pemakaman, lalu
membaca surat
Al-Ikhlas sebelas kali dan menghadiahkan pahalanya kepada ahli kubur, maka ia
akan diberi pahala sejumlah ahli kubur.” (diriwayatkan oleh Abu Muhammad Al-Samarqandi Al-Qur’an 45)
d.
Al-Khallal dari al-Sya’bi berkata :
كانت
الانصار اذا مات لهم الميت اختلفوا على قبره يقرءون عنده القرأن
“Jika ada
sahabat di kalangan Anshar meninggal dunia, mereka berkumpul di depan kuburnya
sambil membaca Al-Qur’an”. (al-Ruh, 11)
Berdasarkan
beberapa hadits serta amaliyah para sahabat di atas jelaslah bahwa Nabi
Muhammad SAW menganjurkan membaca Al-Qur’an di atas kubur, lalu para sahabat
mengerjakan anjuran Nabi SAW tersebut. Jadi tidak diragukan lagi bahwa bacaan
Al-Qur’an atau amal ibadah lainnya dapat bermanfaat kepada mayit. Sebab bila
tidak ada manfaatnya, Nabi SAW tidak akan menganjurkan para sahabatnya
melakukan sesuatu yang sia-sia, tidak ada guna dan manfaatnya.
- Pendapat Para Ulama’
Mayoritas ulama menyatakan bahwa mayit dapat
memperoleh manfaat dari usaha (amal orang yang masih hidup).
Ø Kata Imam Al-Qurthubi :
كان الامام أحمد بن
حنبل رضي الله عنه يقول اذا دخلتم المقابر فاقرءوا فاتحة الكتاب والمعوذتين وقل
هوالله احد واجعلوا ثواب ذلك لأهل المقابر فإنه يصل اليهم
“Imam Ahmad bin Hambal RA berkata : “Apabila kamu berziarah ke pemakaman,
maka bacalah surat Al-Fatihah,
Al-Mu’awwidzatain, dan surat
Al-Ikhlas. Kemudian hadiahkan pahalanya kepada ahli kubur. Maka sesungguhnya
pahala tersebut sampai kepada mereka”.(Mukhtashar Tadzkirat Al-Qurthubi, 25)
Ø Dalam kitab Nihayah al-Zain disebutkan :
قال ابن حجر نقلا عن
شرح المختار: مذهب أهل السنة ان للإنسان ان يجعل ثواب عمله وصلاته للميت ويصله
“Ibnu Hajar dengan mengutip Syarh Al-Mukhtar berkata: “Madzhab
Ahlussunnah berpendapat bahwa seseorang dapat menghadiahkan pahala amal dan
do’anya kepada arang yang telah meninggal dunia. Dan pahalanya akan sampai
kepadanya” (Nihayah Al-Zain, 193)
Ø
Ibnu Taimiyyah mengemukakan
beberapa alasan mengenai sampainya hadiah pahala kepada orang yang telah
meninggal dunia. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam kitab Tahqiq Al-Amal,
53-56 :
قال
ابن تيمية, من اعتقد أن الإنسان لاينتفع الا بعمله فقد خرق الإجماع وذلك باطل من
وجوه كثيرة
“Ibnu Taimiyyah berkata, “Barang siapa berkeyakinan bahwa manusia tidak
dapat memperoleh manfaat kecuali dari amalnya sendiri, maka ia telah menentang
ijma’. Hal itu batal karena beberapa hujjah sebagai berikut :
P Manusia dapat memperoleh manfaat do’a orang lain, dan ini
berarti memperoleh manfaat dari amal orang lain.
احدها
أن الإنسان ينتفع بدعاء غيره, وهو إنتفاع بعمل الغير
P Berdasarkan hadis dan ijma’ ulama, haji fardlu yang menjadi
tanggungan mayit dapat gugur dengan haji yang dilakukan walinya. Keterangan ini
menunjukkan bermanfaatnya amal orang lain.
أن
الحج المفروض يسقط عن الميت بحج وليه بنص السنة والإجماع, وهو انتفاع بعمل الغير
P Tetangga yang baik dapat memberi manfaat ketika masih hidup atau
setelah ia meninggal dunia seperti dijelaskan dalam atsar.
أن
الجار الصالحة ينفع فى المحيا والممات كماجاء فى الأثر
Ø
Dalam kitab Nailul Author,
Al-Syaukani mengutip syarah kitab Al-kanz :
وقال فى شرح الكنز إن
للإنسان ان يجعل ثواب عمله لغيره صلاة كان او صوما او حجا او صدقة او قراءة قرأن
او غير ذلك من جميع انواع البر ويصل ذلك الى الميت وينفعه عند أهل السنة
“Dalam syarah kitab Al-Kanz disebutkan bahwa seorang boleh menghadiahkan
pahala perbuatan baik yang ia kerjakan kepada orang lain, baik berupa sholat,
puasa, haji, shodaqoh, bacaan Al-Qur’an atau semua bentuk perbuatan baik
lainnya, dan pahala perbuatan tersebut sampai kepada mayit dan memberi manfaat
kepada mayit tersebut menurut ulama’ Ahlussunnah. (Nail Al-Author, Juz IV
hal 142)
Ø
Setelah menjelaskan bahwa
seluruh ulama’ telah sepakat tentang sampainya pahala bacaan Al-Qur’an atau
dzikir lainnya kepada mayit, Sayyid Alawi Al-Maliki, salah seorang guru besar
di masjid Al-Haram pada zamannya berkata:
فان زعم احد انها
حرام فقولوا له اين تحريمها فى كتاب الله او فى سنة رسول الله ص م واتلوا عليه
"ولاتقولوا لما تصف السنتكم الكذب هذا حلال وهذا حرام لتفتروا على الله الكذب
ان الذين يفترون على الله الكذب لا يفلحون"
وقولوا له ايضا ان
زعمت انك مجتهد فليس اجتهادك اولى بالصواب من قول هؤلاء الأئمة الذين حكينا عنهم
الإباحة مع ما يعضدهم من أذلة السنة النبوية, وان كنت مقلدا سقط الكلام معك
والسلام
“Kalau ada orang menyangka bahwa hal tersebut (menghadiahkan pahala
kepada orang mati) hukumnya haram, maka tanyakanlah kepadanya, “pada bagian
manakah di dalam Al-Qur’an atau Hadits yang mengharamkan hal tersebut ?”
kemudian bacalah ayat yang artinya “Dan janganlah kamu mengatakan terhadap apa
yang disebut-sebut oleh lidahmu secara dusta” ini halal dan ini haram”, untuk
mengada-adakan kebohongan terhadap Allah SWT. Sesungguhnya orang-orang yang
mengada-adakan kebohongan terhadap Allah SWT tiadalah beruntung”.(QS Al-Nahl,
116). Katakan juga kepadanya, “Kalau memang anda merasa sebagai seorang
mujtahid, maka ijtihad anda tidak lebih benar dari ijtihad para Imam yang disebut di atas, yang
berpendapat boleh menghadiahkan pahala kepada orang lain berdasarkan dalil yang
kuat dari hadits SAW. Namun jika anda masih dalam tingkatan muqallid, maka
selesailah diskusi ini dengan anda” (Faidlu Al-Khabir, 178)
Kemudian yang dimaksud dengan pendapat yang masyhur dari Imam Syafi’i RA
tentang tidak sampainya bacaan Al-Qur’an kepada orang mati. Seperti yang
dikatakan Muhammad Ahmad Abdissalam :
والمشهور
من مذهب الشافعي وجماعة من أصحابه أنه لايصل الى الميت ثواب قراءة القرأن
“Menurut pendapat yang “Masyhur” dari madzhab Syafi’I, serta segolongan
dari Ashab Al-Syafi’I (pengikut madzhab Syafi’i), bahwa pahala membaca
Al-Qur'an tidak sampai kepada mayit” (Hukmu Al-Qira’ah li Al-Amwat, 18-19)
Di kalangan Syafi’iyyah dalam menyimpulkan pendapat
Imam Syafi’I ada beberapa istilah. Seperti Al-Shahih, Al-Azhhar, Al-Masyhur,
Al-Rajih dan lain sebagainya, yang definisi istilah-istilah tersebut bisa
dilihat pada kitab-kitab fiqih Syafi’iyyah. Sedangkan maksud pendapat
Al-Masyhur dalam persoalan ini adalah apabila Al-Qur'an tidak dibaca di hadapan
mayit dan tidak diniatkan sebagai hadiah kepada orang yang meninggal dunia
tersebut. Salah seorang tokoh Syafi’iyyah, Syekh Zakaria Al-Anshari Al-Syafi’I
menerangkan :
إن مشهور المذهب اي
فى تلاوة القرأن محمول على ما اذا قرأ لا بحضرة الميت ولم ينو الثواب له او نواه
ولم يدع
“Sesungguhnya pendapat yang masyhur (dalam madzhab Imam Syafi’i)
mengenai pembacaan Al-Qur'an, adalah apabila tidak dibaca di hadapan mayit,
serta pahalanya tidak diniatkan sebagai hadiah, atau berniat tetapi tidak
didoakan” (Hukm Al-Syari’ah Al-Islamiyah fi Ma’tam Al-Arba’in, 43)
Hal tersebut karena Imam Syafi'i RA sendiri berpendapat sunnah membaca
Al-Qur'an di dekat mayit. Imam Syafi'i RA berkata :
ويستحب
ان يقرأ عنده شيئ من القرأن وان ختموا القرأن كله كان حسنا
“Disunnahkan membaca sebagian ayat Al-Qur'an di dekat mayit, dan lebih
baik lagi jika mereka (pelayat) membaca Al-Qur'an sampai khatam”. (Dalil
Al-Falihin Juz VI hal 103)
Dan banyak riwayat yang menyatakan bahwa Imam Syafi'i RA berziarah ke
makam Laits bin Sa’ad dan membaca Al-Qur'an di makam tersebut.
وقد تواتر أن الشافعي
زار الليث بن سعد وأثني خيرا وقرأ عنده ختمة وقال أرجو أن تدوم فكان الأمر كذلك
“Sudah popular diketahui oleh orang banyak bahwa Imam Syafi'i pernah
berziarah ke makam Laits bin Sa’ad. Beliau memujinya dan membaca Al-Qur'an
sekali hatam di dekat makamnya. Lalu beliau berkata, “Saya berharap semoga hal
ini terus berlanjut dan senantiasa dilakukan” (Al-Dakhirah Al-Tsaminah, 64)
Berdasarkan keterangan di atas menjadi jelas bahwa
Imam Syafi'i RA juga berkenan menghadiahkan pahala kepada mayit. Hanya saja
harus dibaca di hadapan mayit, atau di do’akan pada bagian akhirnya kalau mayit
tidak ada di tempat membaca Al-Qur'an tersebut. Dengan kehendak Allah SWT
pahala bacaan tersebut akan sampai kepada mayit. (Al-Tajrid Li Naf’I
Al-‘Abid Juz III hal 276)
Mengenai keharusan berdo’a setelah membaca Al-Qur'an
atau dzikir (tahlil), bagi Imam Syafi'i RA itu merupakan satu syarat yang
mutlak dilakukan. Sebagaiman diriwayatkan oleh Rabi’ bahwa Imam Syafi'i RA
berkata :
وأما الدعاء : فإن
الله ندب العبادة اليه وامر رسوله ص م به فاذا اجاز ان يدعى للأخ حبا جاز ان يدعى
له ميتا ولحقه أن شاء الله بركة ذلك مع أن الله واسع لأن يوفي الحي اجره ويدخل على
الميت منفعته
“Tentang do’a maka sesungguhnya Allah SWT telah memerintahkan hamba-hambanya
untuk berdo’a kepada-Nya, bahkan juga memerintahkan kepada Rasul-Nya. Apabila
Allah SWT memperkenankan umat islam berdo’a untuk saudaranya yang masih hidup,
maka tentu diperbolehkan juga berdo’a untuk saudaranya yang telah meninggal
dunia. Dan barokah do’a tersebut insya Allah akan sampai. Sebagimana Allah SWT
Maha Kuasa memberi pahala bagi orang yang hidup, Allah SWT juga Maha Kuasa
untuk memberikan manfaatnya kepada mayit. (Diriwayatkan dari Al-Baihaqi
dalam kitab Manaqib Al-Syafi’i Juz I hal 430)
Di dalam keterangan lain juga disebutkan :
Ø
Fathul Mu’in Juz III hal 378
( Dar al-Kutub al-Ilmiyah )
أما القراءة فقد قال
النووي فى شرح المسلم : المشهور من مذهب الشافعي أنه لايصل ثوابها الى الميت. وقال
بعض أصحابنا يصل ثوابها للميت بمجرد قصده بها, ولو بعدها, وعليه الأئمة الثلاثة
واختاره كثيرون من أئمتنا, واعتمده السبكي وغيره, فقال : والذي دل عليه الخبر
بالإستنباط أن بعض القرأن اذا قصد به نفع الميت نفعه وبين ذلك, وحمل جمع عدم
الوصول الذي قاله النووي على ما إذا قرأ لابحضرة الميت ولم ينو القارئ ثواب قراءته
او نواه ولم يدع.
وقد نص الشافعي
والأصحاب على ندب قراءة ما تيسر عند الميت والدعاء عقبها, اي لانه حينئذ ارجى
للإجابة, ولأن الميت تناله بركة القراءة :كالحي الحاضر
قال ابن الصلاح :
وينبغي الجزم بنفع ( اللهم أوصل ثواب ما قرأته ) اي مثله, فهو المراد, وان لم يصرح
به لفلان, لأنه اذا نفعه الدعاء بما ليس للداعي فما له اولي. ويجرى هذا فى سائر
الأعمال من صلاة وصوم وغيره.
Keterangan : Imam Syafi'i dan
Ashab menjelaskan tentang kesunnahannya
membaca Al-Qur'an dihadapan mayit dan diakhiri dengan do’a, karena
dengan begitu kemungkinan besar bacaan dan do’a kita akan terkabulkan. Serta si
mayit memperoleh barokah dari bacaan tersebut
Ø Bugyah
Al-Musytarsidin hal 97 :
(فائدة) رجل مر بمقبرة فقرأ الفاتحة واهدى
ثوابها لأهلها فهو يقسم او يصل لكل منهم مثل ثوابها كاملا؟ اجاب ابن حجر بقوله
افتى جمع بالثانى وهو اللائق بسعة رحمة الله
Keterangan : Seorang laki-laki berjalan di atas pemakaman kemudian
dia membaca surat
Al-Fatihah yang pahalanya dihadiahkan kepada ahli kubur tersebut, maka menurut
fatwa sekelompok ulama, pahala tersebut bisa sampai kepada ahli kubur.
Ø Ianatut
Thalibin Juz I hal 24 :
وقال المحب الطبري :
يصل للميت كل عبادة تفعل. واجبة او مندوبة وفى شرح المختار لمؤلفه مذهب أهل السنة
إن للإنسان ان يجعل ثواب عمله وصلاته لغيره ويصله.
mohon diambil dari khadist yang sahih mari kita buktikan menurut pendapat imam syafii imam hambal dan maliki...
ReplyDeleteDari Al Mughirah, ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
ReplyDeleteإِنَّ كَذِبًا عَلَىَّ لَيْسَ كَكَذِبٍ عَلَى أَحَدٍ ، مَنْ كَذَبَ عَلَىَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ
“Sesungguhnya berdusta atas namaku tidaklah sama dengan berdusta pada selainku. Barangsiapa yang berdusta atas namaku secara sengaja, maka hendaklah dia menempati tempat duduknya di neraka.” (HR. Bukhari no. 1291 dan Muslim no. 4).
Dari ‘Ali, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ رَوَى عَنِّى حَدِيثًا وَهُوَ يَرَى أَنَّهُ كَذِبٌ فَهُوَ أَحَدُ الْكَاذِبَيْنِ
“Siapa yang meriwayatkan dariku suatu hadits yang ia menduga bahwa itu dusta, maka dia adalah salah seorang dari dua pendusta (karena meriwayatkannya).” (HR. Muslim dalam muqoddimah kitab shahihnya pada Bab “Wajibnya meriwayatkan dari orang yang tsiqoh -terpercaya-, juga diriwayatkan oleh Ibnu Majah no. 39. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini shahih)